Perkembangan Model Celana Jeans

semua pasti tau celana jeans dong? saya yakin banget agan sekalian pasti punya minimal 1 di lemari pembaca atau bahkan sambil baca artikel ini, agan sedang pakai celana jeans

Nah seperti yang kalian sekalian udah tau sekarang ini kalau model celana jeans sekarang ini variatif banget. Kalau kalian jalan ke mall dan ngeliatin celana jeans orang-orang disekitar kalian, pasti kalian ngeliat banyak variasi dari celana jeans. Belakangan ini yang cukup nge trend adalah ripped jeans dari patchwork jeans. Namun dibalik itu semua yuk kita sama2 liat perkembangan model celana jeans dari dulu sampai sekarang ini.

1960's jeans:


Yup seperti yang kalian sekalian lihat di gambar tersebut. Potongan jeans di tahun 1960an itu cenderung kebesara dan kepanjangan sehinggan harus dilipat, Tapi di jaman itu memang model seperti itulah yang sedang jadi trend bro. Karena konon dulu jeans itu celana yang dipakai oleh pekerja kasar seperti di tambang supaya kaki mereka terlindungi oleh bahan jeans yang cukup tebal. Celana jeans dibuat longgar supaya mereka bisa beregerak leluasa untuk bekerja.


1970's jeans:




Yes betul sekali. Begitu ngeliat gambar ini, kalian sekalin pasti tau kalau ini adalah model cutbray jeans. Model cutbray sebenarnya sudah muncul di tahun 1960an, namun di tahun 1970an barulah model cutbray menjadi trend yang sangat marak untuk pria dan wanita. Ditambah d tahun 1970an adalah era nya seorang legenda musik yang namanya pasti tidak asing di telinga kita yaitu Elvis Presley the King of Rock n' Roll. Elvis Presley sangat suka menggunakan model celana cutbray ketika manggung, so gak heran kalau di tahun 1970an, celana cutbray sangatlah hits.


1980's jeans:

Nah di tahun ini mulai marak celana jeans dengan teknik stone washing. Proses pencucian pakaian secara stonewash adalah cara untuk menciptakan “keusangan” pada bahan denim dengan menjadikan bagian-bagiannya ada yang terlihat lebih gelap atau lebih terang, tetapi ada juga yang memudarkan keseluruhan warna pakaian. Sistim stonewash juga dapat menambah kelembutan dan fleksibilitas kain yang semula kaku dan rigid seperti kanvas. Pada awalnya, cara pencucian stonewash adalah dengan menggunakan batu apung, yang mana batu apung tersebut akan mengikis permukaan serat benang sehingga menghasilkan tampilan yang mensimulasikan seakan-akan pakaian tersebut sudah dipakai lama. Proses pengerjaannya menggunakan berbagai jenis dan ukuran batu apung, tergantung jenis penampilan yang diinginkan. Cara ini adalah jenis proses pencucian yang mengandalkan aksi mekanis, yang dilakukan justru setelah pakaian jadi (bukan selagi masih berupa lembaran kain, sebagaimana lazimnya).


1990's jeans:

Carpenter Jeans:
 Baggy Jeans:


Ada 2 gambar yang sangat berbeda namun saya yakin kalian cukup familiar dengan kedua gambar ini. Di tahun 1990an, ada 2 model celana yang sedang menjadi trend. Mari kita bahas satu per satu gan.

Ciri khas Carpenter Jeans adalah banyaknya saku di celana jeans tersebut. Celana jeans pada umumnya hanya memiliki 4 kantong, yaitu di paha sebelah kiri dan kanan, lalu di daerah pantat sebelah kiri dan kanan. Carpenter Jeans terkenal dengan banyaknya saku di celana jeans tersebut, mula dari samping lutut, di samping betis maupun tempat-tempat lainnya yang tidak terlihat lazim seperti celana panjang pada umumnya. Tambahan saku ini berfungsi untuk menaruh barang dan pada umumnya digunakan oleh pekerja bangunann dan tukang kayu. Model celana ini juga memiliki potongan yang cenderung kebesaran agar pemakai bisa beregerak leluasa.

Gambar kedua merupakan Baggy jeans. Tahun 1990an merupakan awal munculnya musik HIpHop dan RnB. Dan Baggy jeans merupakan ciri khas dari para musisi HipHop dan RnB tersebut. Mereka menggunakan Baggy jeans sebagai gaya mereka dalam bernyanyi, sehingga kemudian banyak masyarakat yang juga menggunakan Baggy Jeans.


2000's jeans - Present:


Di awal tahun 2000an pasti agan semua kenal dengan penyanyi Britney Spears. Britney Spears adalah penyanyi pop yang memiliki pengaruh besar terhadap trend fashion di awal tahun 200an. Britney Spears merupakan penyanyi yang pertama kali mempopulerkan celana jeans model diatas yang dikenal dengan nama Ultra Low Rise Jeans. Ciri khas nya adalah jeans tersebut dipakai persis diatas pantat sehingga terlihat seksi dan menunjukkan lekukan tubuh secara sempurna.


Lalu di masa sekarang ini, tren fashion sudah begitu bervariasi. Para designer pun sudah lebih berani untuk mengeksplor mode agar terlihat unik dan menarik. Ada setidanya 2 model celana jeans yang sedang menjadi trend di saat ini, yaitu Ripped Jeans dan Patchwork Jeans. 


Ripped Jeans:


Ripped Jeans sebetulnya mulai ada di tahun 1980an, dimana di saat itu dipakai oleh kalangan Rock dan Heavy Metal band. Namun di masa sekarang ini, ripped jeans tidak hanya dipakai oleh kalangan rocker namun juga para anak muda bahkan usia dewasa. Ripped jeans sedang sangat marak di saat ini, jika agan sedang jalan-jalan ke mall saya yakin minimal agan menemukan 5 orang yang sedang mengenakan RIpped Jeans.



Patchwork Jeans

Ide dasar dari patchwork jeans adalah dengan menambahkan tambalan patch di celana jeans tersebut sebagai model. Ada begitu banyak variasi daripada Patchwork jeans jika agan ketik patchwork jeans di google. Lalu untuk bahan patch nya sendiri juga sanga bervariasi, mulai dari kain kulit, suede, jeans, dsb. Model patchwork jeans ini pertama kali dipopulerkan di Amerika Serikat pada pertengahan tahun 2015. Patchwork jeans sendiri saat ini sudah masuk di Indonesia dengan berbagai variasi model patch mulai dari oval, kotak serta penempatan patch nya yang sanga bervariasi.


More about Patchwork Jeans:



Demikian thread saya tentang jeans kali ini. Terima kasih agan" sekalian sudah mau membaca artikel yang saya buat.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar