Tips Irit Kuota Internet




Baru-baru ini gue iseng ngecek pemakaian kuota internet. Dari 500 MB, ternyata pemakaian gue dalam sehari habis 300 MB. Itu pun hanya dipakai buat Twitteran, Instagraman, Path-an, Line-an, dan Whatsapp-an. Belum termasuk Youtube-an dan Persicope-an. Kalau sehari aja bisa habis 300 MB, berarti dalam waktu kurang lebih 12 hari, gue harus memperpanjang paket internet yang 3,5 GB. Boros banget. Gue yakin kalian pun paketnya nggak jauh-jauh dari 3,5 GB sampai 5 GB.

Buat kalian yang udah kerja sih enak-enak aja memperpanjang paket. Tapi buat yang belum? Yang masih minta sama orangtua? Kalau diasumsikan kuota internet 3,5 GB seharga 100 ribu, paling enggak kalian habis 200 ribu dalam satu bulan. Iya, buat pulsa doang itu belum yang lain. Boros!

Biar nggak cepet abis, mungkin kalian harus ngelakuin hal-hal berikut:

Settingan Aplikasinya Diubah
Mungkin banyak yang ngira kalau aplikasinya nggak dibuka, kuotanya nggak kesedot. Meskipun kalian nggak buka, sebenernya kuotanya tetep kesedot. Kecuali, settingannya kamu ubah. Kan ada beberapa aplikasi yang dibuka atau nggak dibuka mereka tetap nge-refresh page-nya. Yap, ngerefresh page juga makan kuota.

Naaaah, kamu set tuh supaya dia nggak makan kuota. Jangan asal pakai dulu.

Rajin Ngecek Kuota
Ada beberapa orang yang phobia buat ngecek kuota. Salah satunya gue. Jadi tiap mau ngecek kuota, timbul perasaan takut kalau kuotanya tiba-tiba tinggal sedikit.

Gara-gara itu jadi nggak pernah ngecek kuota. Alhasil, nggak terkontrol. Tiba-tiba udah abis aja kuotanya. Biar terkontrol, harus rajin-rajin cek kuota dan batasin pemakaian, guys.


 Jangan di Rumah Mulu
Penyebab terbesar kenapa kita pengin megang hape mulu itu gara-gara kita bosen. Karena bosen, akhirnya bingung mau ngapain. Trus buka hape deh, nge-scroll nge-scroll timeline.

Kalau udah bosen, biasanya tingkahnya gini: buka hape->buka media sosial->scroll media sosial 1-> tutup -> buka media sosial 2 -> scroll media sosial 2 -> dan seterusnya sampai buka media sosial 1 lagi.

Makanya, biar nggak bosen, jangan di rumah mulu.


Nebeng Wifi
Beruntung kalau kalian punya temen yang ke mana-mana suka bawa modem portable atau rumah kalian yang kebetulan deket sama café yang internetnya kenceng. Jadi bisa nebeng deh.

Kalau enggak, kalian beli kuota modem portable aja. Lumayan, seratus ribu dapet yang 8 GB. Dua kali lipat dari paket internet handphone.



Jangan Follow Cowok/Cewek Cakep
Unfollow cowok/cewek cakep yang ada di timelinemu! Percaya nggak percaya, tiap mereka update apapun (foto atau video), kamu pasti buka. Itu boros kuota!


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar